KEMENTERIAN AGRARIA DAN TATA RUANG RI STUDI PENGELOLAAN STATISTIK SEKTORAL KE KOTA MAGELANG

Pemerintah Kota Magelang melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik hari ini berkesempatan memberikan materi pada Studi Pelatihan Kepemimpinan Pengawas dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang RI terkait pelayanan masyarakat melalui DataGO (3/8/2020). Studi ini dilakukan secara virtual dengan diikuti oleh sepuluh peserta yang berasal dari Kementerian ATR/BPN Jawa Barat, Sumatera Barat, Jambi, Sulawesi Utara, Aceh, Sumatera Utara, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Selatan.

Dalam paparannya, Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Kota Magelang, Suryantoro menjelaskan,  saat ini DataGO terus melakukan inovasi seperti rebuild dengan platfrom baru untuk lebih menjaga keamanan data, pembentukan  asisten digital Bang Data yang terkoneksi dengan Telegram, pembentukan layanan early warning system pengendalian inflasi dan publikasi harga bagi masyarakat melalui IndiGO serta pembentukan rapor kinerja realtime.

Pihaknya mengatakan bahwa inovasi akan terus dilakukan untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat. Untuk mendapatkan data yang valid dan update, Dinas Kominfo dan Statistik Kota Magelang menggandeng 59 Mitra yang berasal dari OPD, Lembaga Pendidikan,  Instansi Vertikal dan Instansi Swasta yang tertuang dalam keputusan Wali Kota Magelang. "Terkait dengan pengembangan kompetensi kami secara rutin mengadakan pendampingan atau peningkatan kompetensi dari pengelola DataGO untuk kami berikan pengayaan materi baik dari internal kami maupun dari BPS. Kami selalu mengkomunikasikan apa yang harus dipenuhi dan kriteria data seperti apa yang diharapkan termasuk inventarisasi kendala dalam pemenuhan data" tambahnya.

Moderator diskusi, Nunung NH dari Kementrian ATR/BPN beserta seluruh peserta sangat mengapresiasi keberadaan DataGO dan puas dengan sesi diskusi hari pertama ini. Studi lapangan ini rencananya akan dilakukan selama lima hari sampai dengan Jumat 7 Agustus 2020. (diskominsta)