DISKOMINFO BLITAR STUDI KOMPARASI VIRTUAL TERKAIT BEST PRACTISE STATISTIK SEKTORAL DI KOTA MAGELANG

Penerimaan kunjungan kerja dari Diskominfo Kabupaten Blitar secara virtual dilaksanakan Jumat (2/10/2020) di ruang laboratorium Dinas Kominfo dan Statistik (Diskominsta) Kota Magelang.

Studi komparasi berfokus pada penggalian informasi pengelolaan forum data dan regulasi terkait kebijakan satu data di Kota Magelang. Dijelaskan oleh Kepala Seksi Statistik Diskominsta Kota Magelang, Prianta Adi Wibawa, bahwa pengelolaan statistik sektoral di Diskominsta bertujuan menyediakan data bagi perencanaan dan evaluasi pembangunan daerah.

"Kami juga bekerja sama dengan BPS terkait perencanan, pengelolaan data sampai publikasi data", ucap Prianta.

Dalam forum virtual tersebut dikemukakan juga bagaimana sejarah DataGO dan perkembangan regulasi yang mendasarinya.
"Kita sudah punya perda, tahun ini kami menyusun Perwal untuk perubahan kedua atas Perwal di tahun 2015 silam yang disesuaikan dengan substansi Perda dan Perpres Satu Data Indonesia", imbuhnya.

Pengelolaan forum data di Kota Magelang diawali dengan komitmen oleh seluruh kepala OPD. Sehingga kompilasi data bukan hanya berupa pergerakan gerilya dari unsur pelaksana saja, tapi di level pimpinan juga berperan. Karena bagaimanapun kualitas tata kelola data di Pemda merupakan tanggung jawab semua produsen data.

Saat ini Kota Magelang telah memiliki 59 mitra produsen data yang tidak hanya berasal dari OPD saja, namun merambah ke instansi vertikal dan swasta. Kota Magelang juga telah memiliki asisten virtual 24 jam, Bang Data, yang secara signifikan meningkatkan efisiensi pengelolaan statistik sektoral di Kota Sejuta Bunga ini. (Diskominsta)