Raih Nilai Tertinggi, Puskeswan Kota Magelang Sabet Plakat Utama Abdibaktitani Kementan Tahun 2019

MAGELANG- Pemerintah Kota Magelang melalui Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) kembali meraih prestasi membanggakan di bidang pertanian. Adalah Puskeswan (UPT Klinik Hewan dan Laboratorium Keswan) yang menorehkan prestasi nasional itu dengan menyabet peringkat pertama penghargaan Abdibaktitani Tahun 2019 untuk kategori Unit Kerja Pelayanan Publik (UKPP) Berprestasi Utama. Penyerahan Penghargaan Abdibaktitani Tahun 2019 dihelat pada hari jumat (29/11/2019), dirangkaikan dengan Upacara HUT Korpri Tingkat Kementerian Pertanian RI. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo secara simbolis menyerahkan langsung penghargaan kepada para pemenang, sementara plakat diserahkan oleh Kepala Biro Organisasi Kementerian Pertanian.

Kepala Disperpa Kota Magelang, Eri Widyo Saptoko mengapresiasi penghargaan Abdibaktitani yang diraih  Puskeswan (UPT Klinik Hewan dan Laboratorium Keswan). Menurutnya lomba atau penghargaan ini diharapkan dapat memudahkan tercapainya sasaran pembangunan dan reformasi birokrasi, sekaligus menginisiasi peningkatan kualitas pelayanan publik di bidang pertanian. Pemberian penghargaan Plakat Utama Abdibaktitani tahun 2019, lanjutnya, diharapkan akan dapat memotivasi peningkatan semangat perbaikan dan inovasi pelayanan menuju pelayanan prima. “Untuk itu saya bersyukur atas raihan Plakat Utama Abdibaktitani. Saya berharap Puskeswan tidak cepat berpuas dan terus berbenah demi terwujudnya pelayanan prima yang lebih baik kepada masyarakat Kota Magelang,”tegasnya.

Kepala UPT Klinik Hewan dan Laboratorium Kesehatan Hewan, Heru Trisusila yang mewakili Kepala Disperpa Kota Magelang dalam penerimaan penghargaan tersebut menjelaskan bahwa prestasi yang diukir Puskeswan Kota Magelang dalam ajang penghargaan Abdibaktitani tahun 2019 sesuai dengan Keputusan Menteri Pertanian No 786/KPTS/KP.590/M/11/2019 tertanggal 22 Nopember 2019. Puskeswan, lanjutnya meraih peringkat pertama dengan nilai tertinggi 89,22, menyisihkan lebih dari 40 UKPP di seluruh Indonesia. “Dari keikutsertaan yang pertama kali ini, Puskeswan Kota Magelang langsung berhasil meraih peringkat pertama Plakat Utama,”katanya

Heru mengungkapkan dalam kesempatan ramah tamah dengan Mentan Syahrul Yasin Limpo dan sejumlah pejabat eselon I di lingkungan Kementerian Pertanian,  di mata Mentan semua yang hadir sebagai penerima penghargaan adalah representasi UKPP berprestasi. Ia menceritakan, Mentan yang akrab disapa SYL itu juga mengucapkan selamat kepada para penerima penghargaan. “Selamat kepada para penerima penghargaan, yang datang kesini berprestasi berarti sudah mampu melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik dan sesuai aturan,”ujar Heru menirukan statement Mentan SYL.

Dijelaskannya, penghargaan Abdibaktitani merupakan ajang penilaian UKPP Berprestasi sekaligus untuk menilai kualitas pelayanan. Salah satu point penting dalam penilaian itu adalah inovasi yang diterapkan dalam mendukung pelayanan. Setelah diraihnya Plakat Utama Abdibaktitani, lanjutnya, Puskeswan akan semakin fokus dalam upaya perbaikan dan peningkatan pelayanan kepada pasien. Setiap UKPP perlu melaksanakan tugas pokok dan fungsi dengan sebaik-baiknya untuk membantu masyarakat dalam pelayanan yg diberikan. “Sesuai arahan pak Mentan, lini pelayanan dalam bekerja perlu mengimplementasikan 3 hal yaitu Maju, Mandiri dan Modern sehingga dapat mendukung program-program dari Kementerian Pertanian. Harmonisasi juga perlu terus dilakukan antara Pusat dan Daerah,”pungkasnya. (among_wibowo, red)