Nglarisi Dagangan Masyarakat, ASN Disperpa Kota Magelang Aksi Borong Produk UMKM

MAGELANG – Puluhan ASN Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kota Magelang hari rabu (01/09/2021) melakukan aksi borong produk UMKM yang digelar di halaman Disperpa, Jl. Kartini Nomor 3 Magelang.  Produk UMKM Kota Magelang yang dipasarkan dengan mobil keliling Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) itu laris manis tanjung kimpul diborong para ASN Disperpa yang memang sudah bersiap menunggu sejak pagi hari. Kegiatan ini sebagai tindak lanjut himbauan dari Pemerintah Kota Magelang agar seluruh Aparat Sipil Negara (ASN) Kota Magelang dapat berbelanja di pasar rakyat dan Pedagang Kaki Lima (PKL), terutama yang berjualan di shelter seluruh Kota Magelang.

Kepala Disperpa, Eri Widyo Saptoko, menjelaskan Gerakan Nglarisi Dagangan UMKM produksi masyarakat ini bertujuan untuk membantu pelaku UMKM (pedagang pasar rakyat dan PKL, red) yang omzetnya menurun siginifikan selama masa pandemi Covid-19.  Eri mengapresiasi para bawahannya yang antusias merespon instruksi maupun himbauan Pemerintah Kota Magelang. Menurutnya aksi borong yang dilakukan ASN Disperpa terhadap puluhan jenis produk UMKM Kota Magelang setidaknya mampu mendorong geliat ekonomi usaha masyarakat yang sedang tertekan akibat dampak pandemi covid-19. “Bila kegiatan ini rutin dilakukan tentunya akan membantu meringankan beban para pelaku UMKM sehingga lebih kuat bertahan menghadapi pandemi Covid-19,” tandasnya.

Kegiatan Nglarisi Dagangan Masyarakat dilaksanakan sebagai tindak lanjut himbauan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kepada ASN untuk berbelanja di UMKM, pedagang pasar rakyat dan PKL termasuk UMKM. Selanjutnya diperkuat pula dengan himbauan Wali Kota Magelang, Muhammad Nur Aziz, kepada pelaku usaha agar bisa berinovasi supaya dapat bertahan dalam menghadapi pandemi Covid-19. Bahkan  Sekretaris Daerah Kota Magelang, Joko Budiyono menyampaikan, terkait kegiatan ini, juga sudah dikeluarkan Surat Edaran (SE) nomor 510/275/250 tentang Kegiatan Nglarisi Dagangan Pasar, PKL dan UMKM.

Terinformasi Gerakan Nglarisi Dagangan Masyarakat oleh OPD ini sudah dimulai sejak hari Jumat (20/8/2021) dengan pembagian jadwal sesuai lokasi kantor OPD. ASN berdasarkan lokasi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berada. Untuk ASN di OPD wilayah Kecamatan Magelang Utara dapat berbelanja di Pasar Kebonpolo atau PKL di Wilayah Kecamatan Magelang Utara. ASN di OPD wilayah Kecamatan Magelang Tengah, dapat berbelanja di Pasar Cacaban atau PKL di wilayah tersebut. Sedangkan ASN di OPD wilayah Kecamatan Magelang Selatan dapat berbelanja di Pasar Rejowinangun dan Pasar Gotong Royong, serta PKL di wilayah kecamatan Magelang Selatan.

Terpisah, salah satu ASN Disperpa yang tidak ingin disebut namanya, mengatakan gerakan Nglarisi Dagangan Masyarakat sangat positif dan bernmanfaat dari berbagai aspek. Ia juga menilai bila gerakan Nglarisi Dagangan Masyarakat ini diagendakan secara rutin dan masif di seluruh wilayah Kota Magelang, akan mampu mengatrol ekonomi masyarakat meskipun pandemi covid 19 belum juga usai. “Pada akhirnya akan terjadi percepatan normalisasi perekenomian masyarakat seperti sediakala (ketika sebelum pandemi covid 19, red) bila dilakukan secara rutin dan masif,”pungkasnya. (among_wibowo, red)