Tingkatkan Kompetensi SDM Di Era New Normal, Disperpa Kota Magelang Optimalkan Pelatihan Perikanan Berbasis Daring

MAGELANG-Belum tuntasnya penanganan pandemi Covid 19, tak menghalangi Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kota Magelang untuk menggelar sejumlah pelatihan sub sektor perikanan berbasis daring (online) sepanjang bulan Juni 2020. Terhitung di era New Normal sudah ada 6 pelatihan perikanan online yang telah sukses digelar dan diikuti sejumlah masyarakat, khususnya pelaku utama dan pelaku usaha di bidang perikanan seperti pembudidaya ikan, pengolah dan pemasar ikan, penghobi ikan dan masyarakat. Kegiatan ini sebagai upaya Disperpa melalui Penyuluh Perikanan di Kota Magelang untuk terus meningkatkan wawasan dan ketrampilan pelaku perikanan Kota Magelang menyongsong kompetisi global di era revolusi industri 4.0.

Kepala Disperpa, Eri Widyo Saptoko hari rabu (01/07/2020) ditemui di ruang kerjanya menjelaskan bahwa di era kompetisi global saat ini, pelaku utama dan pelaku usaha perikanan dituntut memiliki kapabilitas dan kompetensi agar dapat memenangkan persaingan usaha di pasar bebas. Lebih lanjut Eri menegaskan bahwa tuntunan penguasaan kompetensi di era revolusi industri 4.0 telah menjadi kebutuhan pokok seiring perubahan dinamis di semua lini kehidupan. Penggunaan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi, red) dewasa ini menjadi sarana yang efektif bagi pelaku usaha dalam meningkatkan kompetensi dan skills, termasuk dalam usaha perikanan. “Salah satu upaya yang dapat ditempuh untuk meningkatkan kompetensi pelaku perikanan adalah melalui diklat perikanan berbasis daring,”katanya.

Terkait hal ini, Eri menyampaikan OPD yang dipimpinnya berkomitmen untuk memberikan fasilitasi sehingga pelaku utama, pelaku usaha perikanan dan masyarakat di Kota Magelang dapat terus meningkatkan kompetensinya. Tak tanggung-tanggung, selama bulan Juni 2020 Disperpa melalui Penyuluh Perikanan Kota Magelang telah menggandeng sejumlah instansi yang menyelenggarakan pelatihan perikanan secara online (baca:daring). Antara lain Balai-Balai Pelatihan di lingkungan Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDMKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan. “Disperpa bersama Balai Pelatihan lingkup BRSDMKP melalui aplikasi Zoom dan didampingi penyuluh perikanan Kota Magelang telah memfasilitasi sejumlah pelatihan online untuk pelaku utama dan pelaku usaha perikanan,”tandasnya.

Terinformasi selama bulan Juni 2020 beberapa pelatihan perikanan yang digelar secara daring/online antara lain :

  • Pelatihan Pembuatan Pakan Ikan, tanggal 11 Juni 2020 dari Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Tegal
  • Pembuatan Kaki Naga Ikan, tanggal 16 Juni 2020 dari Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Ambon
  • Pembuatan Sambal Botol Tuna (SATOLNA), tanggal 16 Juni 2020 dari Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Banyuwangi
  • Pelatihan Pembuatan Alat Tangkap Ramah Lingkungan “Bubu Lipat”, tanggal 25 Juni 2020 dari Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Tegal
  • Pembuatan Siomay Ikan, tanggal 30 Juni 2020 dari Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Tegal
  • Pembuatan Burger Tuna Rumput Laut (Tuna Rula), tanggal 30 Juni 2020 dari Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Bitung

Sementara Koordinator Penyuluh Perikanan Kota Magelang, Kurnia Hardjanto menambahkan fasilitasi pelatihan online yang diselenggarakan oleh Balai Pelatihan lingkup BRSDMKP Kementrian Kelautan dan Perikanan itu digelar di beberapa tempat, antara lain aula dinas, sekretariat kelompok pembudidaya ikan (pokdakan), kelompok pengolah dan pemasar ikan (poklahsar) dan komunitas perikanan. Ia berharap para peserta dapat meningkat pengetahuan dan ketrampilannya selama pelatihan, sehingga dapat menjadi bekal untuk merintis usaha dan mengembangkan usaha perikanan yang sudah digeluti. “Terlebih di masa pandemi COVID-19 ini, pelaku perikanan dituntut memiliki inovasi dan kreativitas agar usahanya tetap eksis dan berkembang,”pungkasnya. (kur/amw, red)