KIRAB BUDAYA HUT ( Hari Ulang Tahun ) Kota Magelang ke 1113 serta PAMITAN SISWA TARUNA AKMIL ( Akademi Militer ) TINGKAT IV Tahun 2018 / 2019 , Kepada

KIRAB BUDAYA HUT ( Hari Ulang Tahun ) Kota Magelang ke 1113 serta PAMITAN SISWA TARUNA AKMIL ( Akademi Militer ) TINGKAT IV Tahun 2018 / 2019 , Kepada Masyarakat Kota Magelang .
Sabtu 29 Juni 2019 , malam kemeriahan mewarnai Aloon aloon Kota Magelang .
Masyarakat dari penjuru daerah kota Magelang dan sekitarnya berdatangan dan berkumpul untuk menyaksikan Event Kemeriahan acara yang di kemas dengan Tema KIRAB BUDAYA HUT ( Hari Ulang Tahun ) Kota Magelang ke 1113 serta PAMITAN SISWA TARUNA AKMIL ( Akademi Militer ) TINGKAT IV Tahun 2018 / 2019 , Kepada Masyarakat Kota Magelang .
Sangat antusias serta mengesankan sekali , karena berjumlah ribuan orang berduyun duyung menuju Aloon aloon kota , panggung kehormatan yang menjadi pusat keramaian acara .
Di awali dengan Upacara Pembukaan oleh Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Acara , serta sambutan dari Bpk Walikota Magelang kemudian sambutan yang berikutnya dari Gubernur AKMIL ( Akademi Militer ) Kota Magelang , dan sepatah dua patah kata kalimat kesan kesan pesan Pamitan oleh Komandan regu Siswa Taruna Akmil yang berjumlah kurang lebih 200 Siswa Taruna dan Taruni yang turut menghadiri .
Dalam sambutan beliau bapak Walikota menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Siswa Taruna Akademi Militer yang ikut menjadi bagian kebanggaan dari masyarakat Kota Magelang serta AKMIL Kota Magelang yang merupakan Lembaga Akademisi Negara ikut mengharumkan Citra Kota Magelang sebagai kota Jasa yang Produktif , serta harapan kedepan untuk para calon perwira tersebut kontribusi peranan yang sangat berarti dalam pertahanan , keamanan NKRI ( Negara Kesatuan Republik Indonesia ) yang utuh.
Pada sambutan yang di sampaikan oleh Gubernur AKMIL , menegaskan ucapan terimakasih yang sebesar besarnya atas partisipasi masyarakat yang secara tidak langsung ikut mendukung proses Penggemblengan , pendidikan , pembinaan calon Perwira Tentara Nasional Indonesia ( TNI ) Siswa Taruna AKMIL Tahun 2018 / 2019 . Disamping itu pula ucapan terimakasih juga ditujukan kepada WALIKOTA Magelang yang juga ikut dalam andilnya membina serta partisipasi aktif , apresiasinya memberikan akses kemudahan dalam aktifitas belajar Siswa Taruna. 
korps Marching Band Canka Lokananta atraksi akrobatik yang disuguhkan oleh para siswa Taruna Akmil mengawali pertunjukan pada event malam ini . 
Meliuk-liuk serta menari-nari di jalanan sambil tetap memainkan lagu & mars dengan harmonisasi keseimbangan yang selaras , menakjubkan. 
Band Canka Lokananta Binaan dari AKMIL Kota Magelang ini termasuk jarang tampil di muka umum ,hanya pada event-event tertentu saja Group tersebut tampil dengan performa yang memikat , sehingga masyarakat sangat menunggu nunggu tampilnya Sang Macan Lembah Tidar ini.
Menurut catatan sejarah , Canka Lokananta dibentuk pada tanggal 16 april 1959 dengan peralatan musik yang masih amat sangat sederhana saat itu. Kini dengan seiring tahun tahun yang berjalan , alat-alat musik yang dipakai sudah sangat lengkap, antara lain snare drum, tenor drum, bass drum, bellyra, trombone, terompet, flute, dsb. Kombinasi perpaduan suara alat-alat tersebut terdengar merdu pada saat dimainkan oleh para Siswa taruna AKMIL. Sesuai dengan arti tata bahasa, Canka Lokananta yang artinya adalah SUARA DARI SURGA.
Rombongan pertama penampilan atraksi kesenian , sendra tari seni tradisional menarik perhatian para penonton .
Tari Topeng Ireng yang mirip mirip dengan Sendra Tari Bambangan Buto di mainkan oleh para penari yang lincah , energik , dengan jumlah penari tidak kurang dari 20 orang.
Peserta selanjutnya secara berurutan , Rombongan group seni tradisional yang ikut menyemarakkan acara berjumlah 34 peserta terdiri dari perwakilan Kelurahan , 3 Kecamatan se-kota Magelang , Swasta, BUMD Pemerintah Kota Magelang serta Adik adik SD , SMP , SMA dll yang kemudian satu persatu tampil di depan Walikota Magelang , Gubernur AKMIL , Jajaran Formimda , Tamu undangan serta para penonton Masyarakat , menampilkan penampilan terbaik pada sesi tersebut karena sekaligus di adakan penilaian perlombaan oleh para Juri yang terpilih untuk Juara terbaik penampilan Grup Kesenian Tradisional untuk Event pada malam hari ini.
Persiapan perhelatan acara sebelumnya telah di koordinasikan dengan se-cermat cermatnya oleh Panitia Pelaksana Kegiatan serta di bantu oleh partner kerja dan dukungan pihak sponsor dalam rangka mensukseskan jelang acara Kirab Budaya pada Sabtu 29 Juni 2019 di Aloon aloon Magelang Kota.
Persiapan yang di hadiri oleh OPD , Lembaga terkait , Aparatur Negara , Polresta Kota Magelang , Kodim 0705 dan AKMIL Kota Magelang , Bank Magelang , DLH , PERHUBUNGAN , LH dsb membahas tentang , Persiapan Acara Kirap , susunan jadwal Acara , daftar hadir Undangan , jumlah peserta Lomba , konsumsi , Tenda serta hal hal lain yang secara teknis bersingungan mengenai kesiapan acara pada Event ini.
Berikut Dokumentasi ringan prosesi acara tersebut.
Kontributor Info DISPORAPAR Kota Magelang Jl.Gatot Subroto no.54 mengabarkan.